Bisnis Penyewaaan Ruang Kantor Tumbuh Sejak 2012

Pengamat dari Coldwell Banker Commercial Meyriana Kesuma menuturkan perkembangan bisnis serviced office marak terjadi sejak 2012.
Fatia Qanitat | 04 November 2014 05:40 WIB
Jasa penyewaan ruang kantor marak terjadi sejak 2012. -

Bisnis.com, JAKARTA-- Pengamat dari Coldwell Banker Commercial Meyriana Kesuma menuturkan perkembangan bisnis serviced office, jasa penyewaan ruang kantor, marak terjadi sejak 2012.

"Keberadaan bisnis tersebut mencoba mengakomodir permintaan ruang kantor untuk ruang yang kecil dengan masa sewa yang tidak terlalu lama," katanya saat dihubungi Bisnis, Senin (3/11/2014).

Seiring dengan perkembangan pembangunan perkantoran, bisnis tersebut juga mulai aktif memasuki area di non-CBD seperti di TB Simatupang, Slipi, atau kawasan lainnya. Karena potensi yang cukup tinggi, secara rata-rata okupansi berkisar 70%.

“Marketnya banyak. Misalnya untuk perusahaan yang mempunyai proyek-proyek jangka pendek seperti 3-4 bulan. Ada juga permintaan dari perusahaan yang baru memulai membuka cabang baru, set up office, jadi kebutuhan ruangnya juga masih sedikit. Biasanya maksimal penyewaan sekitar satu tahun,” katanya.

Sementara pengembang yang menawarkan unit ruang kantor dalam ukuran kecil masih sangat sedikit saat ini, dan baru berkembang di kawasan non-CBD. Ruang kantor yang paling banyak disewa sebagian besar memiliki luasan 20an m2, yang bisa menampung 2-3 orang.

Vice President Business  Development Voffice Joddy Mario Rumambi mengatakan permintaan ruang sewa kantor ukurang kecil cenderung stabil. Walaupun begitu, permintaan dari sektor perusahaan asing cenderung mengalami penurunan.

“Biasanya cukup banyak perusahaan asing yang melakukan penyewaaan, tapi sekarang stagnan. Permintaan ruang kantor yang bisa menampung 2-3 orang banyak dilakukan oleh perusahaan asing yang baru memulai membuka kantor cabang di Jakarta. Karena baru pengenalan, ruang kantor yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar,” tambahnya.

Di Voffice, tuturnya, unit ruang kantor yang disewakan memiliki luas dari 15 m2-40 m2. Sebagian besar ruang kantor tersebut disewa oleh perusahaan lokal 75%, dan perusahaan asing 25%. Adapun harga sewa untuk ruang dengan pelayanan dan perlengkapan yang lengkap berkisar mulai dari Rp5 juta-Rp20 juta/unit/bulan. Secara rata-rata, masa sewa ruang kantor tersebut berkisar enam bulan sampai satu tahun. 

Tag : ruang kantor
Editor : Setyardi Widodo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top