Bisnis Indonesia - bisnis.com
Kamis, 29 September 2016

Apartemen Tipe Studio, Apartemen Ala Panggung Teater

Dika Irawan Senin, 19/09/2016 14:45 WIB
Apartemen Tipe Studio, Apartemen Ala Panggung Teater
Apartemen tipe studio
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tawaran tinggal di apartemen dengan segala fasilitasnya semakin banyak, tak terkecuali apartemen tipe studio. Kini, tinggal di apartemen adalah suatu keniscayaan di tengah semakin melejitnya harga lahan dan properti.

Pada satu sisi masyarakat juga membutuhkan tempat tinggal yang memiliki akses dekat dengan tempat bekerja. Arsitek Cosmas D. Gozali menyebut, apartemen tipe studio adalah tipe apartemen yang ruang keluarga, makan, dapur atau pantry, dan ruang tidur berada dalam satu ruang yang sama, tanpa sekat pemisah masif. Satu-satunya ruang yang terpisah hanyalah kamar mandi.

"Sebenarnya kata studio muncul dari konsep panggung dalam teater yang menggabungkan ruang-ruang dalam satu ruangan bersama," katanya, Senin (19/9/2016).

Kemunculan konsep apartemen tipe ini juga tak lepas karena harga lahan dan konstruksi yang semakin tinggi terutama di wilayah perkotaan. Sebab itulah dibutuhkanlah konsep bangunan yang mampu menjawab permasalahan tersebut dengan harga lebih terjangkau bagi masyarakat.

Wajar jika akhirnya konsep apartemen ini semakin diminati masyarakat. Cosmas menuturkan di Indonesia apartemen tipe studio sudah menjadi tren. Bahkan akan semakin digandrungi lantaran harga lahan semakin merangkak.

Faktor lainnya, gaya hidup masyarakat yang cenderung mementingkan karir sehingga menggeser kehidupan berkeluarga membuat tempat tinggal ini lebih diminati masyarkat.

"Khususnya kalangan usia-usia produktif," tuturnya.

Cosmas mengatakan apartemen jenis ini sesungguhnya sesuai untuk anak-anak muda yang lebih banyak menggunakan waktu di luar rumah hingga tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar untuk tinggal. Meskipun demikian apartemen tipe studio juga cocok bagi orang tua yang sudah tidak banyak kebutuhan karena membutuhkan ruang lebih sederhana. 

 

 

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...