Bisnis Indonesia - bisnis.com
Senin, 26 September 2016

Punya Apartemen Studio, Begini Cara Menatanya

Dika Irawan Senin, 19/09/2016 15:16 WIB
Punya Apartemen Studio, Begini Cara Menatanya
Apartemen sederhana tipe studio
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Arsitek Cosmas D. Gozali mengatakan, untuk menata interior apartemen tipe studio yang harus diperhatikan adalah ruangan aspek simpel, desain efek ruangan yang luas, dan penggunaan material yang mudah dalam pemakaian, serta pemeliharaan.

"Sebab ciri khas apartemen tipe studio adalah luas ruang yang kecil dan rapi," katanya, Senin (19/9/2016).

Cosmas menuturkan, semua tema interior dapat diwujudkan dalam apartemen tipe studio, asalkan tidak terlalu berlebihan mengingat ruang yang tersedia terbatas. Memilih tema apartemen jenis ini pun tidak harus sama dengan konsep minimalis, karena bisa juga menggunakan konsep lain seperti konsep tropis.

"Yang menjadi perbedaan adalah luas ruang tipe studio lebih kecil dan rapih dibanding tipe apartemen lainnya," katanya.

Sementara itu, ihwal penataan ruang apartemen tipe studio. Cosmas memberikan beberapa saran terkait penyekatan ruang. Menurut dia, sekat yang dapat digunakan dalam apartemen ini sebaiknya tidak menyentuh dinding agar menciptakan kesan ringan.

Partisi yang terbuat baiknya dari bahan semi transparan sehingga tidak menghalangi pandangan dan cahaya matahari, serta menciptakan kesan melayang.

"Partisi yang terbuat dari cermin juga dapat dicoba sehingga menciptakan kesan ruang yang lebih luas,"  ucapnya.

Mengenai warna interior, pemilik studio arsitektur Atelier Cosmas Gozali menganjurkan sebaiknya penghuni rumah menggunakan warna cerah. Dengan begitu akan menciptakan kesan ruangan yang lebih ringan. Namun, penggunaan warna gelap juga dibutuhkan sebagai aksen untuk menciptakan efek kedalaman pada ruang. 

 

 

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...