AEON Mall Segera Ekspansi Luar Pulau Jawa

Pengembang sekaligus peritel asal Jepang, AEON Co., Ltd serta Aeon Mall Co., Ltd., membidik potensi lahan-lahan pengembangan baru di Indonesia, khususnya di luar Jawa setelah ekspansi empat pembangunan mal di kawasan pinggiran Jakarta.
Anitana Widya Puspa | 04 Oktober 2017 17:22 WIB
Pengunjung berbelanja di AEON MALL yang resmi dibuka, di Jakarta Garden City, Sabtu (30/9). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

JAKARTA—Pengembang sekaligus peritel asal Jepang, AEON Co., Ltd serta Aeon Mall Co., Ltd., membidik potensi lahan-lahan pengembangan baru di Indonesia, khususnya di luar Jawa setelah  ekspansi  empat pembangunan mal di kawasan pinggiran Jakarta.

Manager AEON Mall Co. Ltd. ASEAN Division Shim Hyungshik menuturkan pihaknya telah mengoperasikan dua mal AEON baru di Indonesia, yakni di Bumi Serpong Damai City serta di Jakarta Garden City. Selanjutnya perusahaan juga akan mengoperasikan AEON Mall di Sentul Selatan seluas 3.100 ha tahun depan serta menyusul pada 2010, di Kota Deltamas seluas 3.000 ha.

Lewat operasional ritel terbaru di  Jakarta Garden City, perusahaan telah mengantongi tingkat keterisian sebesar 70% dengan mayoritas berasal dari penyewa makanan dan minuman sebagai yang paling diminati.

Saat ini perusahaan masih berfokus di kawasan pinggiran Jakarta sebagai salah satu strategi mengembangkan daerah yang tengah berkembang sehingga bisa bersama-sama berkembang dengan wilayah itu.

“Kami juga ada rencana di luar Jawa. Kami pun saat ini tengah mencari lahan yang tepat,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Pihaknya juga tak gentar menghadapi kehadiran perdagangan daring yang saat ini menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Pihaknya telah berstrategi untuk tidak sekadar menjual barang, tetapi juga memberikan kombinasi  arena hiburan untuk menarik tingkat kunjungan konsumen.

“Kami tawarkan area hiburan seperti bianglala. Pengalaman yang hanya bisa dirasakan ketika mengunjungi perbelanjaan fisik. Tidak bisa didapatkan dengan suasana perdagangan daring,” imbuhnya.

Menurut Shim, dalam rencana ekspansi jangka panjang, Indonesia dan Vietnam merupakan pasar potensial bagi properti komersial. Pertumbuhan ekonomi yang stabil menjadi salah satu alasan peritel asing itu untuk masuk dengan harapan ikut serta menghidupkan aktivitas ekonomi.

Vietnam dirasa mirip dengan Indonesia sebagai negara yang baru mulai berkembang . Serupa, peritel negeri sakura itu juga membangun empat pusat perbelanjaan di Indonesia, yakni AEON Mall Tan Phu Celadon, AEON Mall Binh Duong Canary, AEON Mall Long Bien, AEON Mall Binh Tan, serta satu mall lagi yang masih dalam rencana yakni AEON Mall Ha Dong.

Tag : aeon mall
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top