AKR Land Gandeng Bank Mandiri Garap Superblok Surabaya

Pengembang properti grup AKR Land menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk membiayai proyek tower pertama di superblok Signature Gallery Surabaya senilai Rp335 miliar.
Peni Widarti | 27 Juli 2016 23:17 WIB
Proyek properti - Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Pengembang properti grup AKR Land menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk membiayai proyek tower pertama di superblok Signature Gallery Surabaya senilai Rp335 miliar.

CEO AKR Land, Widjianto menjelaskan dalam proyek superblok pertama di Jawa Timur itu akan terdapat empat tower. Setiap tower membutuhkan investasi sekitar hampir Rp1 triliun sehingga sebagian proyek didanai oleh pihak bank, dana internal dan pembayaran calon pembeli.

"[Investasi] Rp335 miliar ini langkah awal proyek ini meski progres pembangunannya sudah berjalan sejak akhir tahun lalu," katanya seusai penandatanganan kerja sama fasilitas kredit Signature Gallery, Rabu (27/7/2016).

Adapun proyek Siganture Gallery Surabaya tersebut bakal memiliki empat tower yang dibangun di atas lahan 1,5 ha. Pada tower pertama akan dibangun small office home office (SOHO) dan pada tower kedua akan ada hotel bintang lima dengan menggandeng operator Hillton. "Pada tower pertama kami targetkan serah terima kepada pembeli yakni akhir 2018," katanya.

Dia menambahkan, dari tower pertama yang terdapat 350 unit SOHO. Hingga saat ini penjualan unit SOHO tersebut mencapai Rp100 miliar. Harga SOHO tipe besar sendiri saat ini adalah Rp3,5 miliar, sedangkan yang tipe kecil yakni Rp900 jutaan.

GM Regional II AKR Land, Jonathan Gunawan, menambahkan keberadaan superblok Signature Gallery akam menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat di Surabaya yang butuh hunian terintegrasi.

"Apalagi harga lahan di Surabaya ini semakin lama semakin mahal tetapi orang butuh tinggal di tengah kota untuk tinggal maupun bekerja," ujarnya.

Signature Gallery Surabaya ini merupakan proyek kelima AKR Land, dan proyek pertama di Surabaya. Sebelumnya AKR Land menggarap sejumlah proyek properti di Jakarta, kota satelit di Sulawesi Utara, superblok Gallery West Jakarta disusul kawasan industri dan perumahan di Java Integrated Industrial And Port Estate (JIIPE).

Dalam kesempatan yang sama, Senior VP Corporate Banking III Mandiri, Elisabeth Siahaan mengatakan pembiayaan proyek Signature Gallery Surabaya akan menambah kinerja kredit properti Bank Mandiri.

"Bank Mandiri sudah pengalaman dalam hal properti. Pada semester I tahun ini capaian penyaluran kredit properti kami sudah Rp8,5 triliun," ujarnya.

Tag : akr land
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top