TRIK PROPERTI: Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Furnitur Rotan

Furnitur rotan sering menjadi andalan penghias rumah. Meskipun demikian, banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan dan merawat furnitur rotan dengan baik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Agustus 2016  |  17:18 WIB
Furnitur rotan. - UrbanIndo

Furnitur rotan sering menjadi andalan penghias rumah. Meskipun demikian, banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan dan merawat furnitur rotan dengan baik. Langsung saja, ini dia triknya:

1.   Gunakan Penghisap Debu

Struktur furnitur rotan biasanya terdiri dari anyaman dengan detail celah yang sempit. Pada celah inilah biasanya debu akan bersarang, sehingga membuat furnitur menjadi kusam.

Cara paling praktis yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan penghisap debu yang ujungnya berbulu. Perlu diingat bahwa jangan pernah menekan permukaan furnitur terlalu keras karena bisa mengakibatkan anyaman menjadi tergores atau bahkan lepas.

2.   Gunakan Sikat Gigi

Penghisap debu dirasa kurang efektif? Anda bisa gunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela furnitur rotan. Pastikan sikat gigi yang digunakan masih memiliki bulu yang bagus.

Caranya sangat mudah. Anda cukup basahi sikat gigi menggunakan air untuk memudahkan dalam mengangkat debu. Sela-selanya lebih kecil? Anda juga bisa menggunakan lidi atau kawat yang dilapisi dengan tisu basah.

3.   Gunting Bagian yang Mengelupas

Biasanya akan timbul serabut pada anyaman rotan dari furnitur kayu yang sudah tua. Disadari atau tidak, Anda mungkin pernah mencabut bagian yang terkelupas tersebut.

Jika pernah melakukannya, sebaiknya jangan dilakukan lagi karena nantinya akan merusak bagian yang lain. Cara paling tepat untuk dilakukan yaitu dengan menggunting atau memotong serat yang mengelupas mulai dari pangkalnya.

4.   Gunakan Detergen

Bubuk detergen atau sabun cuci piring akan sangat efektif untuk membersihkan furnitur rotan sintetis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan detergen pada beberapa bagian furnitur. Selanjutnya, semprot furnitur dan bilas sampai semua sisa sabunnya hilang.

Pada furnitur rotan alami, cukup gunakan kain yang dibasahi menggunakan air detergen. Langkah selanjutnya, yaitu lap seluruh bagian furnitur. Perlu diperhatikan bahwa kain jangan dalam keadaan terlalu basah.

5.   Pastikan Furnitur Kering Sempurna

Hal ini sangatlah penting karena rotan sangat berpotensi terkena jamur akibat lembap. Anda dapat menggunakan sinar matahari, kipas angin, atau bahkan pengering rambut untuk mengeringkannya.

Cukup gunakan hairdryer dengan hembusan udara dingin pada furnitur rotan alami agar permukaannya tidak gosong atau terbakar. Sedangkan untuk furnitur rotan sintetis, jangan pernah gunakan hairdryer.

6.   Basmi Rayap dengan Alami

Semuanya sudah selesai dilakukan? Langkah selanjutnya cukup melakukan perawatan yang tepat. Hal paling penting yang harus dilakukan yaitu membasmi rayap yang dapat membuat furnitur rotan cepat keropos.

Anda hanya perlu menyiapkan kapur barus dan minyak tanah. Cukup larutkan satu sendok kapur barus ke dalam 200 mililiter minyak tanah, kemudian semprotkan pada permukaan furnitur rotan.

7.   Lakukan Finishing Ulang

Melakukan finishing ulang dapat membuat tampilan warna furnitur rotan tetap terjaga. Anda dapat melapisinya menggunakan wax atau melamik. Caranya mudah, cukup semprotkan kedua bahan tersebut ke seluruh permukaan furnitur. Sebaiknya langkah ini dilakukan setiap empat tahun sekali agar rotan selalu tampak seperti baru.

Itu dia beberapa trik yang dapat membantu Anda merawat dan membersihkan furnitur rotan di rumah.  Tunggu apa lagi? Segera lakukan cara-cara di atas untuk membuat tampilan furnitur selalu tampak baru!

Sumber : UrbanIndo.com

Tag : Trik Properti
Editor : Setyardi Widodo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top