Tips Hunian : Rancang Interior dengan Maksimal

Bagi Anda yang baru saja memiliki hunian, rancangan interior menjadi hal mutlak yang harus dilakukan.
Ramdha Mawaddha | 17 April 2017 10:18 WIB
Desain interior jendela - dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA Bagi Anda yang baru saja memiliki hunian, rancangan interior menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Selain rancangan interior, perencanaan anggaran juga menjadi bagian yang sangat penting guna menyesuaikan nggaran dan kebutuhan Anda.

Untuk itu, kecermatan dan ketelitian merencanakan anggaran untuk interior hunian menjadi kunci utama. Dengan penganggaran yang cermat, Anda dapat membuat rancangan hunian yang maksimal namun dengan anggaran yang minimal.

Baca juga: Media Siber

Mengenai perencanaan anggaran interior desain hunian, Chief design Officer Fabelio, Marshall Utoyo berbagi tips anggaran cermat yang seringkali diarahkan untuk para konsumen yang ingin memulai proyeknya, yaitu:

Pertama adalah memulai langkah dengan memetakan prioritas kebutuhan dan tujuan melakukan penataan interior. Tahap ini menurut Marshall menjadi bagian utama dan sangat penting. Karena bagian yang menjadi prioritas Anda akan menjadi acuan untuk menentukan anggaran agar sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Baca juga: Kurs Dolar AS

Marshall memberikan contoh konsumen yang memiliki prioritas pada kamar tidur. Prioritas ini bisa ditentukan dari banyaknya waktu yang Anda habiskan di rumah. Misalnya Anda banyak menghabiskan di kamar tidur, maka Anda bisa memprioritaskan pada pemilihan jenis furnitur yang membuat Anda nyaman berada di kamar tidur.

Demikian halnya jika Anda adalah orang yang sering kali kedatangan tamu, maka yang Anda prioritaskan adalah living room. “Tiap orang memiliki prioritas berbeda-beda, jadi tiap orang harus tahu bagian prioritasnya yang mana. Anda harus paham apa yang Anda butuhkan,” kata Marshall.
Kedua, setelah menentukan prioritas, yang harus Anda lakukan adalah menuliskan jumlah anggaran yang bisa Anda keluarkan. Disertai dengan pemetaan produk yang akan Anda beli sejumlah anggaran yang telah dituliskan.

Baca juga: Busana Muslim

Anggaran memang menjadi penentu utama. Untuk itu, Anda harus merincikan dengan cermat jenis produk yang Anda butuhkan. Apakah sesuai dengan anggaran yang Anda miliki atau malah tidak mencukupi.

Untuk menyiasati kekurangan anggaran, Anda bisa memulai memilih furnitur dari hal yang paling Anda prioritaskan. Misalnya untuk prioritas di kamar tidur, Anda bisa membeli tempat tidur terlebih dahulu, sementara yang lainnya menjadi prioritas kedua.

Tips ketiga adalah temukan inspirasi dan informasi mengenai desain rumah dari berbagai sumber. Saat ini banyak sumber-sumber inspirasi yang bisa Anda jadikan referensi sesuai dengan selera. Anda dapat menggali informasi sebanyak mungkin sebelum menentukan desain hunian Anda.

Keempat adalah meminta bantuan tenga ahli yang memiliki layanan lengkap dengan beberapa fitur layanan yang diberikan secara cuma-cuma. Seperti layanan desainer interior gratis untuk mengurangi biaya yang Anda keluarkan.

 

Tag : hunian, interior
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top