5 Rusun DKI Jakarta Siap Huni

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta memastikan lima rumah susun (rusun) yang baru selesai dibangun segera dialiri listrik, sehingga siap ditempati.
Anitana Widya Puspa | 19 April 2017 12:46 WIB
Suasana kompleks Rumah Susun Tambora, Jakarta, Jumat (17/2). - Antara/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, Jakarta – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta memastikan lima rumah susun (rusun) yang baru selesai dibangun segera dialiri listrik, sehingga siap ditempati.

Lima rusun yang telah selesai dibangun itu yakni rusun Semper, KS Tubun, Cakung Barat, Marunda dan Bekasi KM2.

Arifin, Kepala DPRKP DKI Jakarta, mengatakan saat ini gardu listrik sudah dibangun dan tinggal menyesuaikan suplai powernya. Sebelumnya, aliran listrik kelima rusun tersebut sempat terkendala karena adanya permasalahan administrasi.

Saat ini sudah disepakati bersama dalam pemanfaatan aset, sehingga kedua belah pihak tidak saling dirugikan.

“Jadi lokasi ditetapkan, aset tetap milik kami, tetapi PLN dapat menggunakannya dan tidak bayar. Rencananya pekan akan ini dipasang," katanya melalui siaran pers, dikutip Rabu (19/4/2017).

Untuk memastikan kelancarannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah menyiapkan sejumlah lahan yang dapat digunakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, untuk membangun gardu di kawasan rumah susun (rusun).

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta Franky Mangatas, mengatakan kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan pemprov kepada PLN untuk memasok aliran listrik ke rusun di Jakarta.

"Intinya Pemprov DKI Jakarta mendukung PLN sebagai badan usaha yang menyiapkan listrik untuk warga di rusun. Mekanisme penataan asetnya sudah ada solusinya," ucap Franky.

Arifin menambahkan PLN dapat menggunakan sejumlah lahan yang berada di rusun tersebut untuk meletakkan peralatan mereka. “Mereka dapat memanfaatkan lahan untuk digunakan. Jadi semacam penjaminan untuk peralatan mereka pada aset kita,” ujarnya.

Untuk menjamin peralatan tersebut, Pemprov DKI akan memberikan Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang penjaminan peralatan listrik milik PLN. Selain itu, akan ada perjanjian kerja sama antara Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dengan PLN.

Tag : properti
Editor : Lili Sunardi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top