Harga Properti di Manado Cetak Kenaikan Tertinggi

Bank Indonesia melansir kenaikan harga properti di residensial merupakan yang tertinggi di kuartal I/2017. Berdasarkan survei, kenaikan harga properti di Manado secara tahunan mencapai 9,37%, jauh melampaui rata-rata gabungan 16 kota sebesar 2,62%.nn
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 26 Mei 2017  |  18:24 WIB
Suasana pusat perbelanjaan dan hotel di kawasan Boulevard of Business, Jalan Pierre Tendean Manado. - Istimewa

Bisnis.com, MANADO -- Bank Indonesia melansir kenaikan harga properti di residensial merupakan yang tertinggi di kuartal I/2017. Berdasarkan survei, kenaikan harga properti di Manado secara tahunan mencapai 9,37%, jauh melampaui rata-rata gabungan 16 kota sebesar 2,62%.

Laporan survei BI yang dikutip Bisnis.com, Jumat (26/5/2017) menunjukkan, kenaikan harga properti residensial di Manado dipicu kenaika di segmen rumah menengah dan rumah besar masing-masing 17,9% dan 8,31%. Adapun, kenaikan harga di segmen rumah kecil tercatat 2,04%.

Bisnis.com mencatat, kenaikan harga properti residensial di Manado pada kuartal I/2017 merupakan yang tertinggi dalam kurun waktu empat kuartal terakhir. Di samping itu, secara konsisten sejak 2013, pertumbuhan harga properti residensial di Manado selalu lebih tinggi dibandignkan rata-rata gabungan 16 kota.

Para pelaku usaha properti di Manado memperkirakan tahun ini penjualan bakal mulai pulih, terutama setelah program amnesti pajak berakhir pda 31 Maret 2017 lalu. Andy Purwanto, Senior Sales & Marketing Manager AKR Land sebelumnya mengatakan tahun ini perseroan membidik pendapatan prapenjualan atau marketing sales sebanyak Rp270 miliar atau naik 35% dari tahun lalu.

Menurut Andy, konsumen kini kian percaya diri berinvestasi di properti setelah amnesti pajak usai. "Mereka sudah lega jadi beli properti juga tidak takut lagi soal pajak," jelasnya.

Andy menerangkan, AKR Land bakal merilis klaster Grand Victorian tahap II menyusul penjualan tahap I yang dinilai sesuai dengan harapan. Penjualan rumah di klaster Grand Victoria tahap I telah mencapai 100 unit dari 150 unit yang dipasarkan.

Tag : properti, manado
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top