Begini Gaya Hunian Pilihan Profesional Muda

Generasi millenial yang kini telah bertransformasi menjadi pekerja profesional memiliki selera tersendiri dalam memilih hunian.
Dewi Andriani | 27 September 2017 16:57 WIB
Deretan gedung perkantoran dan apartemen terlihat di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/4). - Antara/M Agung Rajasa

Generasi millenial yang kini telah bertransformasi menjadi pekerja profesional memiliki selera tersendiri dalam memilih hunian.

Tidak hanya mempertimbangkan jarak dan harga, hal yang juga tidak kalah penting ialah kenyamanan dan keamanan sesuai gaya hidup modern. Pasalnya, hunian yang nyaman membuat para profesional tersebut dapat bekerja dan meningkatkan produktivitas mereka.

Irwandi Febian, professional muda yang bergerak di industri periklanan di Jakarta mengatakan pentingnya mempertimbangkan jarak, harga, dan fasilitas yang ditawarkan dalam memilih hunian.

Menurutnya, banyak kaum profesional muda yang saat ini memilih kost di bilangan Sudirman atau Kuningan meski dengan biaya yang terbilang cukup mahal Rp2-3 jutaan per bulan.

Sebab masih sulit mendapatkan apartemen di Jakarta dengan harga yang sesuai budget, jika pun ada harganya sangat mahal.

“Ya nggak mungkin sanggup, tapi untuk beli di Bekasi, Depok atau Bogor misalnya sudah jauh harga pun masih cukup mahal sehingga tetap juga sangat berat. Jarak yang terlalu jauh juga memakan energi sehingga kita juga kurang produktif. Kalau di daerah Ciledug misalnya, ya masih boleh lah karena tidak terlalu jauh dari daerah Senayan, Jakarta,” ujar Irwandi.

Menurutnya, harga yang cocok bagi kalangan millenial seperti dirinya yakni dengan cicilan sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta.

"Kalau di angka itu mungkin kita masih bisa, Rp3 juta sampai Rp4 juta, tapi ada nggak apartemen atau kondominium yang cocok dengan harga itu tapi lokasinya nggak jauh-jauh amat lah dari Jakarta. Kalau ada saya dan teman-teman saya yang kost akan beli disitu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta Lukas Bong mengatakan profesional yang bergaya muda memiliki kemampuan keuangan yang sangat ketat sehingga sulit membeli hunian sendiri meskipun saat ini kesadaran untuk memiliki hunian sudah mulai tumbuh.

Di sisi lain, mereka memiliki standard tersendiri dalam memilih fasilitas pendukung yang membuatnya nyaman, aman dan produktif.

“Saya senang mendengar mereka akhirnya memikirkan untuk memiliki hunian sendiri. Daripada menghabiskan uang jutaan untuk kost, kan lebih baik punya sendiri dengan cicilan yang terjangkau sekitar Rp3 jutaan. Tapi pertanyaannya apakah ada? Saya bilang ada, coba ke West Senayan yang ada di daerah Ciledug,” kata Lukas Bong.

Menurutnya, kondominium ini memang dikhususkan untuk mengatasi persoalan hunian bagi profesional, dengan konsep yang kuat antara lain berbagai fasilitas yang mendukung gaya hidup modern, ada co-working space, ada fasilitas sport dan hiburan, bahkan sudah fully furnished.

Saat ini, kondominium tersebut dalam tahap pembangunan yang dilakukan oleh PT PP Properti, dan ditargetkan tuntas 2019, dilanjutkan serah terima 2019.

Lokasinya yang cukup strategis membuat kondominium tersebut cocok bagi para profesional. Setidaknya hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit dari West Senayan menuju Alam Sutera. Adapun jarak tempuh menuju Senayan atau Sudirman sekitar 15-20 menit, dan untuk menuju ke Puri Indah Mall atau ke Gandaria City hanya 15-20 menit.

Tag : kondominium
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top