Hingga Oktober, Kawasan Industri Modern Cikande Lepas 35 Hektare

PT Modernland Realty Tbk. melalui anak usahanya PT Modern Industrial Estat mencatatkan perolehan penjualan lahan kawasan industri Modern Cikande di Banten hingga Oktober seluas 35 hektare.
Ipak Ayu H Nurcaya | 13 November 2017 00:47 WIB
Ilustrasi kegiatan industri manufaktur - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - PT Modernland Realty Tbk. melalui anak usahanya PT Modern Industrial Estat mencatatkan perolehan penjualan lahan kawasan industri Modern Cikande di Banten hingga Oktober lalu seluas 35 hektare dari target 60 hektare hingga akhir tahun.

Angka ini sudah melampui penjualan sepanjang 2016 lalu seluas 28,5 hektare.

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat, Pascall Wilson, optimis penjualan akan meningkat seiring dengan semakin lengkapnya infrastruktur dan fasilitas. Tak hanya itu, beroperasinya pintu tol Cikande yang hanya berjarak 900 m dari kawasan juga akan menarik minat investor.

Adapun untuk mengejar target penjualan tahun ini, perusahaan masih gencar melaku­kan negosiasi. Jika berhasil perusahaan akan menambah penjualan hingga 30 hektare sampai akhir tahun. Artinya, target penjualan sepanjang 2017 akan tercapai.

“Selama Januari hingga Oktober kami sudah kantongi 35 hektare. Kami masih optimis akan tumbuh positif tahun ini walau capaian kami baru terbilang separuh. Saat ini, sudah banyak yang melakukan pembicaraan utamanya datang dari perusahaan plastik serta makanan dan min­uman baik lokal maupun asing,” katanya pada Minggu (12/11/2017).

Pascall menuturkan salah satu perusahaan asing yang akan men­ancapkan investasinya di Modern Cikande diperkirakan mengambil lahan seluas 6 hektare. Meski tak mau menyebut nama perusa­haannya, dia memastikan perusahaan itu berasal dari industri ringan dan masih termasuk Asia Tenggara.

Optimisme perusahaan, lanjut Pascall, diproyeksikan juga akan berlaku hingga tahun depan. Pasalnya, perusahaan kian agresif melengkapi fasilitas dan infrastruktur dasar kawasan menjadi lebih baik lagi. Hal ini terbukti dari kenaikan harga lahan perusahaan yang terkerek hingga 15% dibhandingkan ndengan tahun lalu.

Pada 2018 perusahaan juga akan menargetkan ekspansi lahan hingga 1.000 hektare. Sebab, dari 3.175 hektare total lahan di sana, sudah 1.500 hektare yang dikembangkan.

Menurut Pascall, pihaknya akan menggunakan pembiayaan dari hasil penjualan dan suntikan induk usaha dalam melakukan ekspansi.

“Selain ekspansi lahan kami juga akan mulai lepas produk-produk baru kami tahun depan seperti pergudangan, maupun ritel yang mayoritas akan diisi tenan makanan dan minuman guna menjadikan kawasan lebih lengkap dan modern,” ujar Pascall.

Saat ini lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multina­sional dari berbagai ragam jenis usaha mempercayakan Modern Cikande Industrial Estate sebagai rumah bagi usaha dan bisnis mereka antara lain perusahaan makanan dan minuman, bahan kimia, baja, metal product & smelter, serta perusahaan di bidang hunjian dan material bangunan.

Tag : kawasan industri
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top