Pingin Beli Apartemen? Pertimbangkan Jakarta Pusat

Jika Anda mempertimbangkan value for money, Jakarta Pusat bisa menjadi incaran untuk membeli properti.
Anitana Widya Puspa | 10 Desember 2017 15:27 WIB
Ilustrasi pembangunan apartemen - Antara/Audy Alwi

Bisnis.com, JAKARTA— Jika Anda mempertimbangkan value for money, Jakarta Pusat bisa menjadi incaran untuk membeli properti.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com mengatakan harga apartemen di bawah Rp1 miliar dengan luas bangunan di atas 40m2 di Jakarta Pusat adalah yang terendah ketimbang kawasan lain di Jadetabek, yakni sebesar Rp14.680.000 per meter persegi, diikuti Jakarta Barat, sebesar Rp15.400.000 per meter persegi.

“Ini artinya, Anda masih bisa mendapatkan apartemen seharga Rp1 miliaran di kisaran 68m2 di Jakarta Pusat,”katanya Jumat (8/12).

Data Rumah.com Property Supply Index mencatat suplai apartemen di bawah Rp1 miliar di Jadetabek mengalami kenaikan sebesar 6,5% pada kuartal III/2017.

Menurutnya, bagi Anda yang mencari apartemen dengan kisaran harga di bawah Rp1 miliar, suplai terbanyak berasal dari Jakarta Selatan, yakni sebesar 22%. Sementara itu, suplai dari Jakarta Pusat tercatat paling tipis, yakni sebesar 3,8%.

“Jakarta Selatan masih menjadi incaran pengembang karena wilayah ini adalah salah satu wilayah yang ideal untuk apartemen. Jakarta Selatan punya akses yang bagus, baik transportasi umum maupun pintu tol, untuk menuju tiga kawasan bisnis, yakni TB Simatupang, Sudirman, dan Mega Kuningan,” ujarnya.

Ike melanjutkan suplai dan permintaan di Jakarta Selatan tampaknya seimbang. Meski median harga di Jakarta Selatan sudah tinggi, secara konsisten kawasan itu mengalami kenaikan harga.

Sementara itu kawasan penyangga di Tangerang Selatan memiliki harga tertinggi per meter persegi (Rp17.100.000) untuk apartemen di bawah Rp1 miliar dengan luas bangunan di atas 40m2. Ini artinya, dengan uang Rp1 miliar, ukuran apartemen yang bisa Anda dapatkan ada di kisaran luas 58m2.

Anda bisa menjadikan Saveria, Branz, dan Asatti sebagai pilihan, karena letaknya di daerah premium BSD City.

Sementara itu Bekasi diincar karena harga lahan yang masih terjangkau. Berbeda halnya dengan Tangerang Selatan, pengembang masih banyak yang fokus ke hunian tapak.

Tag : apartemen
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top