China Siapkan Skema Baru untuk Pasar Perumahan

China akan merilis kebijakan baru untuk pasar perumahan pada tahun depan. Kebijakan ini dibuat untuk membantu pembeli rumah pertama dan membatasi aksi para spekulan.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 23 Desember 2017  |  15:13 WIB
Properti di China - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - China akan merilis kebijakan baru untuk pasar perumahan pada tahun depan. Kebijakan ini dibuat untuk membantu pembeli rumah pertama dan membatasi aksi para spekulan.

Media nasional China, Xinhua melaporkan, melalui peraturan baru tersebut Pemerintah China juga ingin membantu memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat kelas bawahnya. Beijing ingin penduduknya dapat memperoleh akses pada perumahan secara adil.

Menteri Perumahan China Wang Menghui, mengatakan bahwa kebijkan destocking perumahan akan berlanjut di kota-kota kelas ketiga dan keempat di China yang memiliki luas wilayah kecil. Pasalnya di kawasan tersebut persediaan perumahan masih sangat tinggi.

Pemerintah juga akan mempercepat pengembangan konsep sewa properti di kota-kota besar dan menengah serta mendirikan perusahaan leasing milik negara. Pasalnya di kawasan ini, pasar perumahan sangat ketat dan harga terlanjur melambung tinggi.

"[Kita harus] tetap teguh mematuhi tujuan peraturan kita dan tidak akan ada pelonggaran dalam waktu dekat," katanya seperti dikutip oleh Xinhua, Sabtu (23/12/2017).

Ledakan pasar perumahan China telah berlangsung lebih dari dua tahun. Kendati memberikan dorongan ekonomi yang besar, namun di sisi lain juga membangkitkan risiko akan gelembung properti.

Pasar perumahan Negeri Panda juga sangat kental dengan permainan para spekulan, Untuk itu Beijing berjanji untuk terus mengambil langkah tegas dalam mengurangi aksi pembelian spekulatif.

 

Sumber : xinhua

Tag : ekonomi china
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top