Pasar Properti di China Menguat

Colliers International merilis kajian Asia Market Snapshot Q4 2017 yang berisi penjelasan tentang performa bisnis properti pada 13 pasar Asia khususnya China kuartal akhir 2017 akan menguat tahun ini.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 30 Januari 2018 20:43 WIB
Properti di China - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Colliers International merilis kajian Asia Market Snapshot Q4 2017 yang berisi penjelasan tentang performa bisnis properti pada 13 pasar Asia khususnya China kuartal akhir 2017 akan menguat tahun ini.
Managing Director of Capital Markets and Investments Services Colliers International Asia Terence Tang mengatakan 2017 adalah tahun yang ditutup dengan sedikit penurunan. Signal penguatan daya beli properti secara keseluruhan, kata Terence Tang terjadi khususnya di Shanghai, Singapura, dan Hong Kong yang menjadi incaran investor.
“Ini menandakan ada prediksi pertumbuhan bisnis seiring dengan perbaikan pada investasi, perdagangan, dan manufaktur,” jelas Terence melalui siaran pers, Selasa (30/1).
Dia menyebut, ada beberapa sentimen negatif dalam properti yang mungkin terjadi akibat kondisi politik dan juga kebijakan pemerintah. Misalnya saja di Indonesia dan India. Meskipun begitu, Terence optimistis, dengan perencanaan yang ambisius dari pengembang maka properti bisa menjadi kunci pertumbuhan ekonomi tahun ini.
Contohnya saja, di Cina, ada dua lokasi yang mengalami pengembangan yaitu Pearl River Delta yang pada kuartal keempat tahun lalu meraup US$1,1 miliar. Pasalnya, pemerintah memiliki urban masterplan untuk mentransformasikan Beijing, Shanghai, dan Chengdu menjadi setaraf kota global pada 2035 juga membutuhkan investasi komerasial yang tinggi.
Sebagai hub Asia, aktivitas investasi di Hong Kong juga mengalami pertumbuhan pada kuartal empat dengan produk properti baru yaitu residensial mewah.
Hunian ini menyajikan kolam renang dan menargetkan pangsa pasar adalah masyarakat kelas atas. Momentum ini diprediksikan akan berlanjut sampai kuartal pertama tahun 2018 untuk pembangunan hunian dan perkantoran.

Tag : bisnis properti
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top