Co-working Space Dibangun di 3 Kota di Jawa Barat

Co-working space baru untuk masyarakat Jawa Barat akan mulai dibangun di tiga kota, yaitu Bekasi, Bandung, dan Garut.
Finna U. Ulfah | 16 April 2018 17:19 WIB
Ruang kantor Plug and Play. - Media / Plug and Play Tech Center

Bisnis.com, JAKARTA – Co-working space baru untuk masyarakat Jawa Barat akan mulai dibangun di tiga kota, yaitu Bekasi, Bandung, dan Garut.

Tiga co-working space garapan Sudrajat dan Ahmad Syaikhu, merupakan tahap awal dari rencana pembangunan 1.000 co-working space di Jawa Barat.

“Kami membuat co-working space sebagai ruang publik yang akan digunakan oleh pengusaha-pengusaha baru. Mereka akan dimanjakan dengan fasilitas pendukung, mulai dari Wi-Fi berkapasitas tak terbatas sampai sarana prasarana pendukung lainnya,” ujar Ahmad Syaikhu, dikutip dari keterangan resminya, Senin (16/4/2018).

Co-working space, katanya, diharapkan dapat mendorong jumlah pertumbuhan wirausaha atau bisnis baru dengan mengedepankan konten ekonomi lokal.

Co-working space diketahui mulai menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir.

Rafi Rachmanzah CEO dan Co-Founder Kolega Coworking Space mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi punya dampak terhadap bisnis rintisan atau start up karena mereka memang sudah melirik kantor bersama, bukan hanya sebagai tempat kerja tetapi juga untuk membentuk komunitas pengusaha baru.

“Karena cluster-cluster ini yang membuat community tersebut menjadi satu ekosistem,”katanya.

Sementara itu, Head of Research JLL Indonesia James Taylor memperkirakan pasokan coworking terus tumbuh dan pada masa mendatang akan menyamai jumlah perkantoran konvensional.

Dia juga menyebut coworking space telah menggejala di berbagai kota utama di dunia, yang terbesar adalah London.

"Indonesia kemungkinan akan mengejar tren seperti itu, yang kini telah muncul seperti di Singapura dan Hong Kong," paparnya.

Tag : ruang kantor
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top