Kuartal I, RPI Catat Median Harga Properti Nasional Naik 1,06%

Portal properti Rumah.com mencatat bahwa median harga properti residensial secara nasional berada di titik 104,7% pada kuartal pertama tahun 2018.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 03 Mei 2018 06:54 WIB
Real Estate - huffingtonpost

Bisnis.com, JAKARTA – Portal properti Rumah.com mencatat bahwa median harga properti residensial secara nasional berada di titik 104,7% pada kuartal pertama tahun 2018.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan, Rumah.com Property Index (RPI) menghasilkan median harga 104,7% adalah sebuah peningkatan 1,06% dibandingkan kuartal yang sama pada 2017.

Namun angka ini termasuk penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya pada kuartal keempat 2017 yang berada di angka 105,6. Marine menyatakan RPI ini sangat penting bagi solusi masalah transparansi data properti yang dibutuhkan oleh para pengembang maupun pemburu hunian di Indonesia.

“Data RPI cukup penting karena merupakan hasil analisis dari 400.000 lebih listing properti yang diakses oleh 5,5 juta pengunjung setiap bulan, dimana mereka juga mengunjungi 17 juta halaman properti kami setiap bulan,” ujar Marine di EV Hive, Gondangdia, Rabu (2/5/2018).

Ada pun dengan beragam teknik statistk data dari 400.000 lebih listing properti residensial di Rumah.com dikumpulkan dan dianalisis untuk menunjukkan pergerakan penentuan harga dari sisi suplai. RPI menunjukkan optimism penjual dan mengindikasikan level harga yang diharapkan oleh pemberi suplai residensial di pasar, dalam hal ini adalah pengembang dan penjual perorangan.

Adanya kenaikan jangka pendek dalam Index menunjukkan kecenderungan dalam sentimen. Dalam jangka panjang, index mengindikasikan tahapan siklus properti yang sedang berlangsung. Sebagai informasi Rumah.com pernah terpilih menjadi Asia’s Most Influential Brand for Online Property Search oleh konsumen pada 2016.

Rumah.com juga meraih penghargaan The Best in Experiental Marketing dalam ajang Marketing Award 2017. Rumah.com membantu sekitar 5,5 juta orang dalam mencari dan menemukan rumah di Indonesia setiap bulan.

Tag : bisnis properti
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top