Tinggal Dua Bulan, HOMEDEC Baru Capai 75% Tenant

Pameran desain rumah dan interior, HOMEDEC, baru mengantongi 75% peserta pameran untuk penyelenggaraan pada 6-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibitiom, BSD City.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 12 Juli 2018 17:45 WIB
Homedec. - constance/ant.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pameran desain rumah dan interior, HOMEDEC, baru mengantongi 75% peserta pameran untuk penyelenggaraan pada 6-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibitiom, BSD City.

Exhibition and Conference Manager, R. Arief Sofyan Rudiantoro mengatakan saat ini tersedia 400 tenant untuk para pelaku usaha interior dan desain. Para desainer interior ini adalah orang-orang yang menjual jasa untuk desain renovasi rumah.

Adapun HOMEDEC saat ini meraup 75% tenant. Arief mengatakan tahun ini pihaknya akan menargetkan nilai transaksi Rp39 miliar, naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp31,3 miliar.

Arief menyebutkan tahun ini perusahaan juga menargetkan jumlah pengunjung 27.000 selama 4 hari, dibandingkan tahun lalu 22.700 orang. Dia menyebut 53% target pengunjung adalah pemilik rumah. Para pengunjung adalah penghuni wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Tema kita tahun ini adalah Exuberant, artinya kegembiraan. Konsep HOMEDEC ini adalah siapapun yang membutuhkan barang dan desain apapun, kami menyediakan. Mulai dari home owners yang tahu mau apa, tinggal mencari sofa yang sesuai kemauan dia,” terang Arief di Morrisey, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Arief mengatakan satuan booth untuk tenant berukuran 9 meter persegi. Selain itu, penyelenggara juga menyediakan booth dengan ukuran yang lebih kecil yaitu 6 meter persegi untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sektor desain interior atau perlengkapan rumah.

“Mungkin mereka [UMKM] belum berani booth yang besar, kami sediakan yang 2x3 meter persegi. Itu harganya spesial,” jelas Arief.

Untuk menggenapi 25% kekurangan tenant, penyelenggara juga berinisiatif menjaring lebih banyak UMKM yang selam ini memasarkan produknya di media sosial. Arief mengatakan harga per unit booth itu sebesar Rp2,4 juta per meter persegi untuk ukuran 3x3 meter persegi. Arief menyebut, rata-rata tenant atau exhibitor di HOMEDEC cenderung mengambil booth sebesar 18 meter persegi sampai 108 meter persegi.

“Kalau untuk UMKM kalau pakai yang 2x3 meter persegi itu totalnya bisa mencapai Rp12 juta,” terang Arief.

Regional Business Development Manager HOMEDEC, Linda Leoni mengatakan target pengunjung pameran tahun ini adalah pemilik rumah. Linda menyebut, tujuan penyelenggara membidik home owners sebagai pengunjung pameran ini karena para pembeli jenis ini lebih berani melakukan keputusan transaksi karena kebutuhan.

“Mereka ini lebih berani mengeluarkan bujet untuk mewujudkan hunian sesuai cita-citanya. Ini momentum yang bagus untuk peserta pameran memaksimalkan penjualan mereka sampai akhir kuartal,” tutur Linda.

Tag : pameran properti
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top