Pasar Rakyat School Sinar Mas Land Bantu UKM Indonesia

Kementrian Perdagangan menggandeng Program Pasar Rakyat School dari Sinar Mas Land untuk membantu meningkatkan kualitas pengelolaan pasar rakyat dan mendorong kesejahteraan pedagang kecil/UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di seluruh provinsi Indonesia. Acara tersebut berlangsung di kota Makassar.
Anitana Widya Puspa | 20 Agustus 2018 20:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementrian Perdagangan menggandeng Program Pasar Rakyat School dari Sinar Mas Land untuk membantu meningkatkan kualitas pengelolaan pasar rakyat dan mendorong kesejahteraan pedagang kecil/UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di seluruh provinsi Indonesia. Acara tersebut berlangsung di kota Makassar.

Program Pasar Rakyat School merupakan salah satu Program Sosial Sinar Mas Land dalam meningkatkan kualitas pasar nonfisik, yang telah berjalan sejak tahun 2016.

Sustainability Development Sinar Mas Land Ilham Wahyudi mengatakan Program Pasar Rakyat School Sinar Mas Land telah diselenggarakan antara lain Pengajaran Pedagang kepada pedagang Pasar Modern BSD City, dari institusi seperti BPOM, Dinas Pertanian, Unilever, Prasetya Mulya, dan Bank Sinar Mas.

Program berikutnya adalah kunjungan-kunjungan ke Pasar Modern BSD City dari pengelola pasar, instansi daerah, Kemendag dan pedagang pasar mulai dari Pati sampai Jayapura. Program lainnya adalah Pemaparan dari Sinar Mas Land pada Acara FGD Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh Kemendag, yang telah diselenggarakan sebelumnya seperti di Lampung, Banda Aceh, Jambi, Palangkaraya, dan termasuk yang saat ini digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Ilham, Pasar Modern BSD City merupakan pasar rakyat swasta yang mampu bersaing dengan retail besar,  selain nyaman dan bersih, zoning barang dagangan tertata rapi, produk yang dijual didalam pasar juga sehat dan aman, karena rutin dilakukan pengecekan oleh internal pasar dan BPOM, dari hal tersebut maka Pasar Modern BSD City dijadikan acuan sebagai prototype unuk pasar rakyat seluruh Indonesia.

Sebelumnya Pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perdagangan menggandeng Sinar Mas Land, dan menjadikan Pasar Modern BSD City sebagai Model/Prototipe Standardisasi Pembangunan & Tata Kelola Pasar yang baik dan benar.

Prototype itu terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembangunan, maupun Revitalisasi Pasar Rakyat yang harus mengikuti standardisasi yang telah dipersiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan.

Nantinya, prototype tersebut akan dijadikan acuan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembangunan, maupun Revitalisasi Pasar Rakyat yang didanai oleh pemerintah. Targetnya sekitar 5000 pasar rakyat di seluruh Indonesia akan direvitalisasi hingga tahun 2019 mendatang, yang merupakan Program Nawacita dari Presiden Republik Indonesia.

Tag : pasar rakyat
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top