Ecommerce Belum Bergantung kepada Offline Store

PT Metropolitan Land Tbk menyebut Berrybenka telah masuk dan menyewa sejumlah ruang ritel milik perusahaan dengan luasan yang tak begitu besar. Meski demikian agaknya e-comerce juga tak akan menggantungkan penjualan sepenuhnya pada toko offline.
Anitana Widya Puspa | 27 Agustus 2018 18:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Metropolitan Land Tbk menyebut Berrybenka telah masuk dan menyewa  sejumlah ruang ritel milik perusahaan dengan luasan yang tak begitu besar. Meski demikian agaknya e-comerce juga tak akan menggantungkan penjualan sepenuhnya pada toko offline.

Direktur MTLA Olivia Surodjo mengatakan saat ini memang harus terjadi kombinasi baik antara ritel online dan offline. Bahkan untuk riteler online juga mulai merasa kurang lengkap jika tidak membuka offline store. Dia menyebut memang ada beberapa barang yang masyarakat masih harus mencoba sendiri kualitasnya.

Hal itu juga yang kata dia menyebabkan mengapa ukuran ruang ritel juga akan semakin mengecil dan bukannya hilang begitu saja.

“Mereka yang dulunya full online, juga bukan berarti tiba-tiba akan punya ratusan toko offline. Karena pejualan mereka juga nggak akan rely di offline. Toko itu yang penting fungsinya ada feelnya, bisa mencoba langsung. Tapi nggak semua ada di situ, tetap kalau nggak ada ukuran atau spesifikasinya di offline-nya nanti bisa dikirim dari online,” katanya kepada Bisnis, Senin (27/8/2018).

Namun, Olivia tak menampik bahwa kemungkinan di masa depan, para e-commerce ini akan lebih selektif memilih toko offline-nya dengan pertimbangan trafik serta lokasi yang lebih gampang dijangkau di ritel menengah.

“Kalau untuk ritel segmen high end, sellau tetap ada store-nya karena kalau bebrbicara soal barang mewah, maka harus ada  karena di luar itu kita nggak tahu barangnya asli atau nggak kan,” imbuhnya.

Tag : ruang ritel
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top