ModernCikande Hadirkan Klaster Halal Terbesar Di Indonesia

Kawasan industri ModernCikande Industrial Estate (MCIE) yang dikembangkan PT Modern Industrial Estat (anak usaha PT Modernland Realty Tbk.) mulai mengembangkan klaster Modern Halal Valley yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektare.
M. Rochmad Purboyo | 29 Agustus 2018 21:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Kawasan industri ModernCikande Industrial Estate (MCIE) yang dikembangkan PT Modern Industrial Estat (anak usaha PT Modernland Realty Tbk.) mulai mengembangkan klaster Modern Halal Valley yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektare.

Klaster yang berlokasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten itu nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia  membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat dalam rilisnya Rabu (29/8/2018)

Kawasan industri halal adalah kawasan industri yang semua di dalamnya menerapkan atau sesuai dengan standar halal Internasional mulai dari hulu sampai hilir.

Menurut Pascall Wilson, melalui Modern Halal Valley, MCIE siap memfasilitasi investor industri halal lokal maupun asing. Modern Halal Valley, katanya, merupakan zona industri halal yang merangkul nilai-nilai standar halal Internasional, memenuhi standar tertinggi dalam hal halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan.

“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air, " ujarnya.

Modern Halal Valley, katanya, menyediakan lahan premium bagi perusahaan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai basis bagi bisnis internasional mereka dalam hal produksi dan perdagangan halal.

Menariknya, klaster itu juga merupakan rumah bagi UKM, yang dalam keberadaan industri halal memiliki peran strategis sebagai industri pendukung bagi penyediaan bahan baku serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional.

Untuk UKM, Moderncikande menawarkan bangunan dengan ukuran 1.250 meter persegi yang dapat digunakan sebagai pabrik maupun fasilitas penyimpanan dengan standar halal internasional.

Untuk tahap pertama, katanya, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional seluas 50 hektare yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya.

Modern Halal Valley juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan baik skala nasional, Asia dan dunia.“Karena itu Modern Halal Valley mengundang para investor untuk berpartisipasi dalam pasar halal terbesar di dunia yaitu Indonesia,” jelas Pascall Wilson.

Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy menuturkan dirinya sangat mendukung terealisasinya klaster industri halal yang terintegrasi di Provinsi Banten.

Menurutnya, hal ini sesuai visi dari pemerintah provinsi yang memang harus menggali potensi untuk kemajuan daerah Banten. “Kita sangat berharap dapat memiliki cluster industri halal yang terintegrasi sehingga bermanfaat bagi seluruh masyarakat Banten khususnya, bahkan bisa menjadi kawasan industri halal terbesar di Asia.”

Tag : kawasan industri halal
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top