Goodman dan CPPIB Tingkatkan Kerja Sama Pergudangan

Canada Pension Plan Investment Board atau CPPIB berkomitmen menanam lagi investasi US$1,75 miliar ke proyek Goodman China Logistics Partnership menjadi US$5 miliar yang bekerjasama dengan Goodman Group.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 30 Agustus 2018 19:32 WIB
Aktivitas karyawan di salah satu ruang pergudangan. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Canada Pension Plan Investment Board atau CPPIB berkomitmen menanam lagi investasi US$1,75 miliar ke proyek Goodman China Logistics Partnership menjadi US$5 miliar yang bekerjasama dengan Goodman Group.

Adapun porsi saham CCPIB dan Goodman menjadi 80:20, dengan nilai kepemilikan CPPIB mengalokasikan US$1,4 miliar, sementara kepemilikan Goodman hanya US$350 juta. Goodman China Logistics Partnership (GCLP) ini telah diluncurkan pada 2009 sebagai proyek industri properti logistik berlokasi premium di China. Dengan strategi pengembangan di tengah pusat bisnis Cina, kerjasama ini meningkatkan kualitas logistik dan menjanjikan 2,5 juta meter persegi untuk ruang pergudangan modern dan okupansi sampai 99%.

Greg Goodman, Chief Executive Officer of Goodman Group mengatakan, dengan peningkatan kelas menengah, penambahan aktivitas bisnis e-commerce, dan pengembangkan teknologi di Cina, kondisi ini mendorong pertumbuhan bisnis. Sehingga, kebutuhan untuk properti logistik bertambah.

“Kami meningkatkan komitmen seiring dengan partner jangka panjang di CPPIB yang akan mendorong potensi pasar dan membuka peluang di pasar,” jelas Greg Goodman melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (30/8/2018).

Jimmy Phua, Managing Director, Head of Real Estate Investments Asia, CPPIB mengatakan, dasar dari sektor logistik di Cina adalah stimulus yang besar dari konsumsi domestik di Cina. Konsumsi ini termasuk untuk bisnis e-commerce dan juga karena kekuatan permintaan untuk fasilitas premium bagi logistik.

“CPPIB merefleksikan kesuksesan GCLP dan peluang untuk memperlama kerjama global kami dengan Goodman,” terang Jimmy.

Kristoffer Harvey, Chief Executive Officer of Goodman Greater China menambahkan sekarang pihaknya memiliki kesempatan untuk meningkatkan modal mereka. Investasi ini juga bisa mengembangkan lagi kerjasama bank tanah guna menambah portfolio lahan perusahaan menjadi lebih dari 5 juta per meter persegi.

Suyi Kim, Senior Managing Director & Head of Asia Pacific, CPPIB, mengatakan, sejak 2008, CPPIB ada di Hong Kong. Dengan mengantongi sekitar 28 miliar yen di Cina, mereka berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama jangka panjang.

“CPPIB dalam posisi yang baik dan kuat secara investasi di regio Asia Pasifik, dan memberikan kami fokus yang lebih untuk kerjasama jangka panjang dan tim lokal kami juga sudah berpengalaman dalam mekanisme investasi yang professional,” ujar Suyi.

Tag : pergudangan
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top