Krakatau Posco Gandeng Habitat Bangun Rumah Warga Cilegon

PT Krakatau Posco menggandeng Habitat untuk memulai proyek pembangunan dan renovasi rumah selama 3 tahun yang dimulai tahun ini dan berakhir pada 2020.
Anitana Widya Puspa | 30 Agustus 2018 16:26 WIB

Bisnis.com, CILEGON-- PT Krakatau Posco menggandeng Habitat for Humanity untuk memulai proyek  pembangunan dan renovasi rumah selama 3 tahun yang dimulai tahun ini dan berakhir pada 2020.

Direktur HR&GA PT Krakatau Posco Andi Soko mengatakan ada sekitar 25 rumah baru, memperbaiki 100 rumah dan pembangunan 150 toilet lain di empat desa di kota Cilegon. Tiga sekolah juga akan dibangun dan diperbaiki, bersama dengan pembangunan dua toilet komunal, dua unit fasilitas air bersih untuk sanitasi serta fasilitas pengelolaan sampah.

Untuk proyek ini, lanjut dia, pihaknya menggandeng sekitar 90 relawan dari Korea Selatan & Indonesia yang akan bermitra dalam membangun rumah layak huni dan terjangkau di empat desa di kota Cilegon.

"Pendanaannya berasal dari penyisihan pendapatan bulanan sebesar 1% dari sejumlah pegawai Posco," katanya dalam Konferensi Pers Kamis (30/8/2018).

Adapun selama 4 hari pertama, 50 relawan dari Korea akan bekerja di empat desa di Cilegon yakni, Banjarnegara, Kubangsari, Samangraya dan Tegal Ratu, bersama rekan-rekan mereka di Indonesia.

Sekitar 10 keluarga telah menjadi penerima donor ( Home owner )  akan menerima kunci rumah yang telah dibangun oleh Habitat dan Posco.

Direktur Nasional Ad Interim Habitat For Humanity  Indonesia, James Tumbuan mengatakan tempat yang layak untuk tinggal dapat membantu keluarga untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka, menabung lebih banyak, serta berinvestasi dalam pendidikan guna memiliki stabilitas keuangan yang lebih baik.

“Konsumsi air bersih, tidur di rumah yang nyaman dan mendidik anak-anak untuk tumbuh dengan mimpi dan harapan merupakan hal yang paling penting bagi kemanusiaan. Program pengembangan komunitas secara holistik seperti ini merupakan program dan sarana yang sangat bermanfaat yang dapat memberikan solusi di atas secara bersamaan," katanya.

Habitat for humanity merupakan organisasi pembangunan rumah iyang telah bekerja di lebih dari 70 negara. Di kawasan Asia Pasifik sejak 1983, Habitat for Humanity telah mendukung lebih dari 2,5 juta orang untuk membangun atau meningkatkan kualitas tempat tinggal yang dapat mereka sebut rumah. Di Indonesia sendiri, Habitat telah membantu lebih dari 52,000 keluarga di 13 provinsi untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Hal itu diciptakan melalui dukungan finansial, dukungan tenaga dengan menjadi relawan.

Tag : krakatau posco
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top