Ini Kunci Sukses Penjualan Ruko Ciputra Group

Rumah toko atau ruko dan rukan menjadi segmen produk properti yang ramah untuk investasi hanya jika memenuhi tiga faktor utama pendorong ruko saat tengah pasar properti yang melemah.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 12 September 2018 18:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Rumah toko atau ruko dan rukan menjadi segmen produk properti yang ramah untuk investasi hanya jika memenuhi tiga faktor utama pendorong ruko saat tengah pasar properti yang melemah.

Associate Director PT Ciputra Residence Yance Onggo mengatakan biasanya penjualan ruko berbanding lurus dengan kondisi pertumbuhan ekonomi. Apabila kondisi ekonomi baik, maka penjualan ruko juga positif. Sebaliknya, jika pertumbuhan ekonomi stagnan, maka penjualan ruko juga stagnan.

Uniknya, ketika Ciputra Group melalui PT Ciputra Residences meluncurkan ruko Citra Business Avenue di Citra Maja Raya, Lebak, Banten, 150 unit. Dalam 3 jam saja ruko seharga Rp650 juta itu bisa habis terjual. Menurut Yance, kondisi ini dipicu oleh tiga faktor utama yaitu; kredibilitas pengembang, lokasi, dan infrastruktur.

"Kalau nama pengembang Ciputra kan sudah kredibel. Kedua, konsep pengembangan di Maja ini adalah kota terpadu mandiri, 2.600 hektare salah satu prioritas bagi pemerintah. Ketiga, karena pemerintah juga gencar membangun infrastruktur ke daerah ini," jelas Yance kepada Bisnis, Rabu (12/9/2018).

Dia menyebut jika satu saja dari tiga faktor utama ini tidak terpenuhi, maka penjualan ruko belum tentu bisa laku cepat seperti yang terjadi di Citra Business Avenue pada 8 September 2018 lalu.

"Pembeli itu akan sangat selektif. Dia pasti lihat dulu track record pengembang. Tidak sembarangan beli. Kedua, pemerintah fokus mengembangkan Maja sebagai kota baru dengan ribuan hektar. Orang tentu antusias. Lalu ketiga, ada infrastruktur lintas moda yang dibangun. Ini membuat Maja dan ruko disini diterima dengan baik," jelas Yance.

Sebagai informasi, hasil penjualan 150 unit ruko ini memberi pemasukan kepada Citra Maja Raya senilai Rp100 miliar. Ada pun porsi pembeli ruko di Citra Business Avenue 60% ada investor, dan 40% adalah end user.

Ciputra Group sudah mengembangkan tahap I sejak 2015 seluas 430 hektare dengan total 7000 unit rumah. Selanjutnya, pengembangan tahap II seluas 300 hektare dengan total sekitar 6.500 unit rumah. Total rumah ada 13.500 unit dengan 27 klaster.

Tag : ciputra group, rumah toko
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top