Apartemen Mahasiswa Semakin Diminati

Pengembangan apartemen yang khusus menyasar pasar mahasiswa semakin diminati oleh pengembang.
Finna U. Ulfah | 09 Oktober 2018 17:53 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan apartemen, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/9). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembangan apartemen yang khusus menyasar pasar mahasiswa semakin diminati oleh pengembang.

Assistant Manager Coldwell Banker Angra Angreni mengatakan apartemen yang dikembangkan berdekatan dengan kawasan pendidikan dan menyasar pasar mahasiswa sedang mengalami pertumbuhan yang cukup baik.

"Terutama di kawasan seperti di Depok, Semarang (daerah Tembalang), dan Surabaya Timur," ujar Angra saat dihubungi Bisnis, Selasa (9/10/2018).

Hingga kini, sudah banyak pengembang yang mulai masuk ke pasar apartemen mahasiswa, seperti PT PP Properti Tbk dengan proyeknya yang berada di Surabaya, Depok, dan Semarang, kemudian PT Pakuwon Jati Tbk dengan proyeknya di Surabaya, dan diikuti oleh beberapa pengembang lainnya seperti PT. Wika Realty, PT. Adhi Persada Properti (APP), Diamond Land Development, dan PT Graha Loka Pangestu.

Menurut Angra, berdasarkan profesi, pembeli apartemen biasanya berasal dari dosen, staf universitas, alumni, professional, pengusaha, dan birokrat yang ingin berinvestasi, juga terdapat pengusaha yang merupakan network dari pengembang.

Selain itu, konsumen juga berasal dari orang tua mahasiswa yang kuliah di kampus-kampus terdekat dengan proyek apartemen yang dikembangkan.

Meski demikian, mayoritas pembeli apartemen dengan segmen tersebut masih berasal dari investor yang kemudian disewakan kembali untuk mahasiswa dengan tipe unit yang paling banyak diminati yaitu tipe studio.

"Bahkan ada pengusaha kos-kosan beli beberapa lantai utk dia sewakan lagi ke mahasiswa," papar Angra.

Angra mengatakan berdasarkan pengembangan apartemen dengan kinerja terbaik di wilayah yang berdekatan dengan kawasan pendidikan, fasilitas yang ditawarkan oleh pengembangan tersebut ditujukan untuk yang mengakomodasi kegiatan para pelajar, seperti Area belajar (Communal Lounge), Student Center, dan akses internet atau jurnal-jurnal karya tulis ilmiah dengan tipe unit yang paling diminati yaitu tipe studio.

Tag : apartemen mahasiswa
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top