Summarecon Gandeng Toyota Housing Bangun Klaster di Karawang

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) melalui anak perusahaannya, PT Summarecon Property Development, membentuk join venture dengan PT Toyota Housing Indonesia bangun klaster hunian di Karawang.
Finna U. Ulfah | 11 Oktober 2018 14:45 WIB
(Kiri ke Kanan) Masamichi Tanaka selaku Director of PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono selaku President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Kazutoshi Shibata selaku President Director PT Toyota Housing Indonesia, Yuji Goto selaku Managing Director Toyota Housing Corporation Ltd., Soegianto Nagaria selaku Director PT Summarecon Agung Tbk., Herman Nagaria selaku Director PT Summarecon Agung Tbk., serta Albert Luhur selaku Executive Director PT Summarecon Agung Tbk

Bisnis.com, JAKARTA - PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) melalui anak perusahaannya, PT Summarecon Property Development, membentuk join venture dengan PT Toyota Housing Indonesia bangun klaster hunian di Karawang.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi mengatakan melalui kerja sama tersebut kedua perusahaan akan membangun dua klaster hunian di Summarecon Emerald Karawang dan berencana akan membangun asrama khusus bagi karyawan Toyota.

"Klaster ini merupakan hasil kemitraan berbentuk Joint Venture Company antara PT Summarecon Poperty Development dan PT Toyota Housing Indonesia dengan masing-masing kepemilikan saham 51% - 49%. Saat ini kami melakukan penandatanganan MoU, yang selanjutnya akan disusul penandatanganan perjanjian kerjasama pada akhir November 2018," ujar Adhi dalam rilisnya, Kamis (11/10/2018).

Toyota Housing kini telah membangun lebih dari 100.000 unit rumah berkualitas di Jepang dalam kurun waktu 37 tahun.

Tidak hanya itu, Toyota Housing Corporation tengah melakukan penelitian dan pengembangan rumah rangka baja yang kuat terhadap api, anti bocor dan tahan terhadap gempa sehingga keahlian tersebut akan dibawanya untuk mengembangkan klaster hunian dengan menerapkan teknologi dan keterampilan yang telah mereka kembangkan di Jepang.

Kedua pihak sepakat untuk menjalankan kewajiban masing-masing, yaitu PT Toyota Housing Indonesia akan lebih banyak berperan sebagai konsultan, yang membantu dalam tahap perencanaan (planning), pra-design (preliminary design), pemilihan material bangunan dan konstruksi untuk memastikan kualitas produk serta pelaksanaan pembangunan proyek yang efisien.

Sementara itu, Summarecon akan bertanggungjawab dalam keseluruhan pengadaan konstruksi, aktivitas promosi dan marketing serta keseluruhan pelaksanaan pembangunan proyek.

Eksekutif Direktur PT Summarecon Agung Tbk Albert Luhur mengaku optimistis melalui kerja sama tersebut akan menghasilkan nilai lebih untuk pengembangan kawasan Summarecon Emmerald Karawang karena menyediakan hunian yang berkualitas.

"Kami percaya bahwa kemitraan dengan PT Toyota Housing Indonesia di Summarecon Emerald Karawang ini akan menghasilkan produk berkualitas dengan tepat waktu. Kedua cluster tersebut akan terdiri dari 550 unit rumah 1 dan 2 lantai, di atas lahan seluas 64.500 meter persegi," papar Albert.

Sebagai informasi, perjanjian tersebut merupakan perjanjian kali kedua Summarecon melakukan join venture dengan perusahaan Jepang, yang sebelumnya melakukan penandatanganan kerjasama joint venture untuk membangun sebuah cluster hunian di Summarecon Bekasi.

Tag : summarecon agung
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top