Pengembang Buka Pintu Kerja Sama

Pengembang Indonesia telah membuka pintu untuk saling bekerja-sama baik dengan pengembang lokal maupun pengembang asing.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 01 November 2018  |  19:30 WIB
Ilustrasi - jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA--Pengembang Indonesia telah membuka pintu untuk saling bekerja-sama baik dengan pengembang lokal maupun pengembang asing.

Direktur PT PP Properti Tbk Indaryanto mengatakan di tengah kondisi makro ekonomi Indonesia dan global yang bergejolak, untuk bertahan dalam bisnis properti salah satunya adalah dengan saling bersinergi satu sama lain.

"Sekarang itu eranya sinergi. Susah kalau tidak sinergi, seperti contohnya kami bersinergi dengan para pemilik lahan dengan cara installment untuk memudahkan kami membeli lahan tetapi di lain sisi pemilik lahan juga bisa mendapatkan unit-unit kami. Jadi sama-sama menguntungkan lah," ujar Indaryanto kepada Bisnis, beberapa waktu yang lalu.

Sinergi, katanya, bisa dilakukan dengan siapapun, bukan hanya dengan pengembang atau pemilik lahan. Saat ini, lanjutnya, terdapat beberapa pengembang baru yang mengerjakan proyek yang akhirnya tumbang di tengah jalan, sehingga meninggalkan banyak proyek yang mangkrak.

Hal tersebut bisa dihindari dengan menggunakan kekuatan sinergi bersama pengembang lain agar semua proyek bisa berjalan dengan lancar karena memiliki pondasi yang kuat.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Direktur PT Metropolitan Land Tbk. Olivia Surodjo. Ia mengatakan dengan bekerja sama dengan mitra potensialnya, akan membuka akses bagi perusahaan untuk mengambil peluang ekspansi lebih besar.

"Ini merupakan kunci untuk tumbuh dan mencari peluang. Jika dalam satu sisi pasar sudah jenuh, kita harus bermain di luar kemampuan inti kita. Tidak juga sampai keluar dari pasar tersebut, hanya memperluas pasar dan membuka pintu baru," ujarnya.

Olivia mengatakan dahulu kemampuan pengembangan oleh Metland hanya berkisar di pasar menengah ke menengah bawah, sehingga untuk memperluas pasar pengembangan, perusahaan membuka peluang kerja sama dengan mitra yang ahli dalam pengembangan di atas segmen tersebut.

Tag : pasar properti
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top